Sukses

47 Tahun Hilang, Surat John Lennon untuk Ratu Inggris Ditemukan

Seorang pria menemukan surat dari John Lennon untuk Ratu Inggris dan ditaksir berharga ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Liverpool - Pada Oktober 1965, The Beatles pernah dianugerahi medali kehormatan MBE (Most Excellent Order of the British Empire) oleh Ratu Inggris, Queen Elizabeth II.

Empat tahun kemudian salah satu personel The Beatles, John Lennon, mengembalikan medali tersebut sebagai bentuk protesnya atas keterlibatan Inggris di perang Vietnam dan Nigeria.

Sayang, surat protes John Lennon ini malah hilang. Untungnya, 47 tahun kemudian seorang pria tak sengaja menemukan surat dari John Lennon untuk ratu Inggris tersebut. Ternyata dahulu Lennon ingin mengirim surat itu tetapi batal dilakukannya.

Seorang pria menemukan surat dari John Lennon untuk ratu Inggris dan ditaksir berharga ratusan juta rupiah. (Foto: CNN)

Seperti yang diberitakan oleh CNN, pria yang merahasiakan identitasnya itu tak sengaja menemukan surat tulis tangan dari John Lennon itu terselip di sebuah piringan hitam yang ia beli dengan harga murah.

Surat itu sendiri berisi "Yang Mulia, saya mengembalikan medali MBE ini sebagai bentuk protes melawan Inggris yang yang terlibat di perang Nigeria-Biafra dan telah mendukung Amerika di Vietnam serta 'Cold Turkey' (lagu dari Plastic Ono Band) yang turun dari tangga lagu."

John Lennon dan Yoko Ono

Kabarnya surat tersebut kini ditaksir bernilai US$72 ribu atau sekitar Rp938 juta. Pria itu sempat memamerkannya di acara The Beatles Story di kota Liverpool, Inggris.

Penyelenggara acara tersebut mengatakan bahwa mungkin John Lennon tidak mengirimkan surat ini karena tinta yang belepotan di kertasnya, sebab surat untuk ratu harus terlihat resmi dan rapi. Dan bisa jadi Lennon telah menulis surat baru untuk dikirimkan ke Ratu Elizabeth II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini