Sukses

6 Artis Ini Menikmati Peran Sebagai Gay

Kebanyakan di antara mereka melakukan observasi dengan mendatangi klub-klub gay.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi gay atau homoseksual dalam sebuah film adalah tantangan tersendiri bagi setiap aktor. Para aktor akan sebisa mungkin memainkan karakter yang diberikan, meskipun hal itu bukanlah menjadi karakter mereka secara pribadi. Beberapa cara dilakukan, salah satunya dengan melakukan observasi. Sampai akhirnya, mereka pun menikmati peran tersebut. Berikut beberapa artis yang pernah memerankan tokoh gay.

Baca juga:

Baru Menikah, 6 Artis Ini Melahirkan

5 Fenomena Olga Syahputra yang Patut Dikenang

Cek Daftar Ini, Anda Termasuk `Haters` atau Fans Syahrini?

5 Pasangan Artis yang Diharapkan Jadi Kekasih di Dunia Nyata

Sony Wakwaw dari Pemulung Jadi Jutawan

5 Peristiwa Terbesar di Televisi Sepanjang Masa

Ini Pembelaan Syahrini Soal Foto Disembah



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tora Sudiro

1. Tora Sudiro

Aktor Tora Sudiro berperan sebagai Sakti dalam film Arisan! Di film itu, Sakti adalah seorang homo seksual yang menyembunyikan diri dari keluarganya. Tora pun memainkannya dengan baik. Apalagi dirinya menegaskan sudah melakukan observasi sejak beberapa bulan.

"Beda dengan film Tragedi, dalam Arisan!, aku dikasih waktu mengeksplorasi karakterku selama 3 bulan. Eksplorasinya, sih, nggak kayak Surya. Kalau dia, kan di film itu berperan sebagai gay sejati. Jadi, dia perlu eksplorasi ke klub malam khusus gay," ujar Tora.

Lalu, seperti apa observasi apa yang dilakukan Tora? "Aku cuma dikasih film yang berjudul The Broken Hearts Club yang bercerita tentang 6 orang gay. Di film itu ada berbagai karakter gay. Teteh Nia menunjukkan padaku seorang karakter gay, yang mirip dengan karakterku," pungkasnya.

3 dari 7 halaman

2. Olga Syahputra


2. Olga Syahputra

Sukses sebagai presenter dan komedian, Olga Syahputra melebarkan sayapnya dengan menjadi aktor dan juga produser di film Taman Lawang. Olga pun harus melakukan pendalaman karakter karena dirinya berperan sebagai seorang banci yang notabene seorang gay.

"Saya pertamakali jadi produser, jadi harus berusaha film ini bisa sukses. Untuk urusan akting Alhamdulillah bisa saya dalami dalam waktu 3 hari meskipun risih berdandan kaya perempuan. Saya juga nggak mau film saya jelek karena adegan nggak baik, semua adegan seperti itu sudah dipotong, saya aja liatnya risih. Selain itu saya juga observasi ke klub-klub gay dan sebagainya untuk melihat tingkah laku mereka seperti apa," tutur Olga

Sebenarnya dunia film bukanlah sesuatu yang baru digeluti Olga, ia pernah terlibat di beberapa proyek layar lebar diantaranya Susahnya Jadi Perawan (2008), Pacar Hantu Perawan (2011) dan Kung Fu Pocong Perawan (2012). Namun di semua film tersebut ia hanya sebatas menjadi pemeran pembantu atau cameo saja.

4 dari 7 halaman

3. Surya Saputra


3. Surya Saputra

Bersama dengan Tora Sudiro, Surya bermain sebagai seorang gay di film Arisan!. Tokoh Nino yang diperankannya sangat menantang. Dalam film ini Surya melakukan adegan ciuman dengan Tora.  

"Untuk lebih menghayati peran, Nia memberiku buku Stretch Acting. Aku juga melakukan observasi ke kafe khusus gay untuk memperhatikan kehidupan dan gerak-gerik mereka. Mulai dari cara duduk, jalan, sampai pegang gelas. Lucunya, waktu di kafe itu aku sempat didekati pria bule lantaran dikira gay sungguhan. Ha ha ha," seru Surya Saputra.

5 dari 7 halaman

4. Nino Fernandez


4. Nino Fernandez

Dalam film  komedi remaja 'Coklat Stroberi' Nino Fernandez tertantang untuk memerankan karakter Nesta. Seorang cowok zaman sekarang, hobi sports, tidak terlalu peduli dengan fashion tapi blak-blakan. Sampai ia mempunyai hubungan sesama jenis (gay). Saking senangnya mendapat peran ini Nino harus observasi bagaimana seharusnya yang ia lakukan untuk memerankan peran ini.

“Sebulan sebelum syuting dimulai, saya ke Bali terus muter-muter Jakarta buat mencari jati diri dan karakter si Nesta ini,” katanya.

Dalam film itu, meskipun  dalam satu kontrakan, Key dan Citra tidak merasa risih karena Nesta dan Aldi telah mendeklarasikan dirinya sebagai gay. Bahkan, sering kali mereka berdua menampakkan kemesraannya di depan Key dan Citra.

6 dari 7 halaman

5. Rio Dewanto


5. Rio Dewanto

Kekasih aktris Atiqah Hasiholan ini mengaku awalnya kaget ketika ditawari peran sebagai gay di Arisan 2.  Namun ketika menjalaninya, Rio justru merasakan pengalaman baru yang berbeda dari karakter-karakter yang pernah ia mainkan sebelumnya. Untuk berperan sebagai gay, ia sempat melakukan observasi.

"Ya tetapi nggak se-jadul (zaman dulu) kayak dulu kan ya, jadi ya bisa lihat di internet dan juga di mal-mal. Kan banyak yang sekarang lebih open menjadi gay," pungkasnya.

7 dari 7 halaman

6. Agastya Kandou


6. Agastya Kandou

Pria berkepala plontos ini menjadi seorang gay dalam filmnya I KNOW WHAT YOU DID ON FACEBOOK garapan Awi Suryadi. Film tersebut bercerita tentang kisah percintaan yang terjalin lewat jejaring sosial Facebook dan berimbas pada kehidupan nyata.

Dalam film tersebut, Agastya Kandou berperan sebagai Doni, pria mapan dengan pekerjaan tetap yang belum mendapat pasangan. Ia gelisah ketika tahu adiknya Reno sudah memiliki pacar dan mereka akan menikah.

"Pendalam observasinya dengan mencari di internet. Nggak perlu ke klub-klub," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini