Sukses

Studio Film Hollywood Apa yang Paling Menghasilkan Uang di 2015?

Studio-studio film Hollywood bergelimangan dollar tahun kemarin berkat film-film mereka yang meraih box office.

Liputan6.com, Los Angeles - Tahun 2015 menjadi tahun yang menggembirakan bagi Hollywood. Studio-studio film Hollywood bergelimangan dollar tahun kemarin berkat film-film mereka yang meraih box office dahsyat di seluruh dunia.

Studio film mana yang paling untung?

Menurut data lembaga analis bisnis industri Rentak, baru-baru ini, seperti diikutip Variety, pendapatan box office film-film Hollywood pada 2015 mencapai USD 38 miliar atau setara Rp 525,7 triliun.

Angka luar biasa banyak itu diperoleh berkat tahun ini ada lima film yang meraup pemasukan lebih dari USD 1 miliar dari seluruh dunia: Jurassic World, Avengers: Age of Ultron, Star Wars: The Force Awakens, Fast and Furious 7 serta Minions. Variety mencatat, ini kali pertama ada lima film yang meraup pendapatan USD 1 miliar dalam tahun yang sama.

Star Wars VII

Kata Variety, Universal Pictures dan Disney mendapat pemasukan paling banyak 2015 kemarin. Kedua studio itu mengalahkan rekor pemasukan 20th Century Fox yang meraup USD 5,5 pada 2014.

Universal Pictures menjadi studio film paling untung pada 2015, mengumpulkan pendapatan USD 6,89 miliar (Rp 95,3 triliun). Di bawahnya ada Disney yang pada tutup tahun kemarin meraup USD 5,85 miliar (Rp 80,9 triliun). Pemasukan Universal lebih banyak lantaran ada tiga film mereka meraup USD 1 miliar (Jurassic World, Fast and Furious 7 dan Minions).

Jurassic World.

Sementara itu, Disney menempatkan dua filmnya, Avengers: Age of Ultron dan Star Wars 7 di puncak box office global tahun ini. Pemasukan Disney dipercaya bakal lebih banyak lagi lantaran Star Wars 7 baru rilis di minggu kedua Desember 2015 dan masih berjaya di bioskop hingga hari ini. Apalagi, filmnya juga belum rilis di Tiongkok, pasar bioskop kedua terbesar dunia setelah AS. Star Wars: The Force Awakens dijadwalkan rilis di Tiongkok 9 Januari besok. (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini