Sukses

Sosok Ireng Maulana Di Mata Tantowi Yahya

Tantowi Yahya mengaku banyak belajar dari Ireng Maulana.

Liputan6.com, Jakarta Musisi yang juga anggota DPR, Tantowi Yahya, ikut berbela sungkawa atas meninggalnya maestro musik Tanah Air, Ireng Maulana. Menurut Tantowi, terjunnya ia ke dunia musik tak lepas dari campur tangan Ireng Maulana.

Bahkan Ia mengaku banyak belajar banyak menjadi musisi terutama memainkan gitar dari pria dengan nama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana. Apalagi ia merasa terbantukan saat membawakan acara musik pada saat itu.

Ireng Maualan meninggal dunia (Twitter)

"Mas Ireng adalah salah satu mentor saya, tempat saya berdiskusi terkait dengan kuis musik. ‎Namun di luar itu saya juga aktif sebagai MC dan sangat sering satu panggung dengan almarhum, baik bersama Ireng Maulana All Stars maupun band-band lain yang didukung oleh beliau," ucap Tantowi ditemui di Rumah Duka Heaven, RS Dharmais, Jakarta Barat, Minggu (6/3/2016).

Lanjut Tantowi, pertemanan yang ia jalin dengan Ireng Maulana telah dipupuk sejak tahun 90'an. Dari situ ia sering kali berdiskusi tentang perkembangan musik Tanah Air. "Dari tahun 1988 samapi 2016 persahabatan saya dengan almarhum," ujar Tantowi.

 

Tak hanya kepadanya saja, Ireng juga menjadi panutan musisi-musisi lainnya. Menurut Tantowi, banyak kontribusi Ireng buat musik Jazz di Tanah Air. "Karena dia itu adalah motivator, penyemangat dari rekan-rekan musisi khususnya jazz. Terlalu banyak jasa atau legacy yang dibuat beliau. Beliau ini adalah salah satu tokoh penting di balik perkembangan musik jazz Indonesia baik itu musisi atau penyanyi," kata Tantowi.

Tantowi Yahya pun mengaku ikut kehilangan atas meninggalnya Ireng Maulana. "Siapapun yang dekat beliau itu tanggung ketawa, joke-nya banyak, pintar meniru-nirukan seseorang," ucap Tantowi.

Ireng Maulana disemayamkan di Rumah Duka RS Dharmais, Jakarta (Deki Prayoga/Bintang.com)

Selain jenaka, Tantowi selalu senang bila sedang berbincang dengan Ireng. Apalagi sebagai musisi ia punya wawasan yang cukup luas dan tak hanya mengerti dunia musik saja. "Almarhum adalah seseorang yang sangat menyenangkan untuk teman bicara, traveling, dan diskusi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.