Sukses

Intip Persiapan Negeri Laskar Pelangi Sambut Gerhana Matahari

Pemkab Bangka Belitung menargetkan kedatangan 50.000 turis.

Liputan6.com, Bangka Belitung - Kabupaten Bangka Belitung yang merupakan tempat pembuatan film Laskar Pelangi menjadi salah satu wilayah yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT)  pada Rabu (9/3/2016). Fenomena alam yang langka ini rupanya dipersiapkan secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Belitung.

Sejak jauh-jauh hari, Pemkab Bangka Belitung sadar kalau gerhana matahari total akan menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun internasional. Karena itu, Pemkab Bangka Belitung yang didukung oleh Kementerian Pariwisata menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk menyambut datangnya turis. 

Petugas memperlihatkan kacamata yang akan digunakan saat pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Planetarium TIM Jakarta, Selasa (8/3). Planetarium akan memfasilitasi warga yang hendak menyaksikan fenomena gerhana matahari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Kami sudah siap menerima tamu turis dari mancanegara dan lokal. Alhamdulilah hotel dan penginapan sudah full booked sejak beberapa hari lalu," ujar Bupati Belitung Sahani Saleh saat peresmian pembukaan Festival Gerhana Matahari Total di Bansai Belitung Senin (7/3/2016), seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Sahani yakin akan ada lima ribu hingga 50 ribu turis yang akan mendatangi Bangka Belitung. "Target kami antara 5000 hingga 50.000 orang turis akan datang, Insya Allah tercapai. Apalagi Bangka Belitung belakangan ini memang cukup dikenal keindahan alamnya berkat film Laskar Pelangi," ujar Sahani optimistis.

Bupati Bangka Belitung, Sahani Saleh

Untuk memberikan layanan maksimal kepada turis, Pemkab Bangka Belitung juga akan memaksimalkan destinasi unggulan yang ada di Bangka Belitung, seperti Bukit Peramun, Kawasan Konservasi Tangkapan Air EB-Air Selumar, Bukit Tebalau Simpor Laki Desa Terong, Gunung Bukit Titi Pelepak Pute, Batu Bedil Sungai Padang, Pantai Teluk Limau Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang.

"Jadi, setelah menyaksikan gerhana matahari total, turis tidak langsung pulang. Tapi bisa menikmati tempat-tempat wisata unggulan di Bangka Belitung. Belitung memiliki tujuh destinasi unggulan, sayang kalau dilewatkan," pungkas Sahani.

Pevita Pearce

Sebelumnya, artis Pevita Pearce juga mengaku mengunjungi Belitung untuk melihat fenomena alam gerhana matahari total. Melalui akun Instagram, bintang film 5cm ini menuliskan, "So excited to see 'Gerhana Matahari Total' @ Bangka Belitung!" (fei/Adt)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.