Sukses

6 Artis Hollywood Ini Pernah Mengidap Kanker Payudara

Artis Hollywood ini tercatat pernah berjuang melawan kanker payudara. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Mengidap penyakit mematikan merupakan mimpi buruk bagi siapa saja yang merasakannya. Untuk bisa bertahan hidup dari penyakit yang menggerogoti tubuh tersebut butuh berbagai alternatif pengobatan dan serangkaian terapi yang menguras tenaga serta uang. Karena itu, penderitanya patut diacungi jempol lantaran berhasil berjuang melawan penyakit mematikan tersebut.

Kanker payudara merupakan satu dari banyak contoh penyakit mematikan itu. Penyakit ini adalah kondisi di mana sel kehilangan kendali dalam mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali.

Penyakit tersebut tak pernah pandang usia, warna kulit, atau status sosial seseorang. Dari anak kecil hingga lansia, orang biasa hingga artis, semuanya punya peluang mengidap penyakit ini. 

Di bawah ini adalah artis Hollywood yang mengidap kanker payudara berdasarkan temuan Liputan6.com. Siapa sajakah mereka?

 sumbe foto: Vogue.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Angelina Jolie

 1. Angelina Jolie

Pada 2013, Angelina Jolie melakukan tes kesehatan yang menunjukkan bahwa dirinya memiliki 87 persen risiko kanker payudara dan 50 persen risiko kanker ovarium. Melihat risiko besar tersebut, Jolie memutuskan untuk melaksanakan operasi pengangkatan payudara, ovarium, dan tuba falopi. Ia tak ingin hidupnya berakhir seperti ibu, nenek, dan tantenya yang meninggal akibat penyakit kanker.

Angelina Jolie saat menghadiri Premier Kung Fu Panda 3 di TCL Chinese theatre, Hollywood, California, 16 Januari 2016. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Operasi tersebut merupakan keputusan yang sangat berat bagi Jolie. Ia harus melakukan implan payudara agar tetap mendapatkan bentuk tubuh wanita pada umumnya. Ia juga tidak akan bisa memiliki anak lagi.

Jolie berharap bahwa pengalaman yang ia hadapi ini menjadi pelajaran penting bagi seluruh perempuan di dunia. Melalui tulisan yang ia tulis di The New York Times, Jolie menginginkan semua perempuan untuk tidak takut menghadapi segala sesuatu yang sebenarnya dapat dihindari.

 

3 dari 7 halaman

2. Kylie Minogue

2. Kylie Minogue

Kylie Minogue didiagnosis mengidap kanker payudara pada 2005 saat ia berusia 37 tahun. Sebelumnya, ia sempat menerima kesalahan diagnosis dari dokter yang memeriksanya. Dokter tersebut menyatakan bahwa kondisi penyanyi asal Australia itu baik-baik saja.

Kylie Minogue (Hitfix.com)

Kylie yang tidak begitu saja percaya dengan pernyataan dokter tersebut memilih untuk memeriksa kembali kondisinya ke dokter lain. Melalui diagnosis dokter tersebut, Kylie dinyatakan mengidap kanker payudara. Ia pun harus segera melakukan tindakan penanganan yang tepat untuk terbebas dari penyakitnya tersebut.

Pada 21 Mei 2005, Kylie melakukan serangkaian operasi dan kemoterapi untuk menyembuhkannya dari kanker. Ia juga melakukan pengangkatan payudara untuk menghilangkan tumor ganas yang dapat menggerogoti seluruh tubuhnya. 

 

4 dari 7 halaman

3. Giuliana Rancic

3. Giuliana Rancic

Giuliana memulai pertarungannya dengan sel kanker pada September 2011. Diagnosis awal menunjukkan bahwa kanker payudara yang ia hadapi masih dalam tahap awal, sehingga operasi pengangkatan benjolan dapat menjadi solusinya. Namun, ternyata pengangkatan benjolan tersebut tidak dapat membersihkan seluruh sel kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Giuliana dan suaminya, Bill Rancic, pun mengusahakan jalur pengobatan lain, seperti radiasi dan kemoterapi, hingga pengangkatan payudara. Ia pun melakukan berbagai operasi untuk memulihkan kondisi tubuhnya seperti semula.

Operasi pengangkatan payudara merupakan momok bagi siapa saja yang harus melakukannya, termasuk Giuliana. Keputusan tersebut dibuat berdasarkan berbagai pertimbangan. Giuliana bahkan sempat berpikir bahwa ia tidak harus melakukan operasi tersebut karena ketakutan yang ia rasakan. Beruntung ia selalu didampingi oleh sang suami. 

 

5 dari 7 halaman

4. Sharon Osbourne

4. Sharon Osbourne

Sharon Osbourne melakukan pengangkatan payudara seperti yang Angelina Jolie lakukan karena ia tidak ingin mengambil risiko sekecil apa pun. Ia telah menghadapi kanker usus sebelumnya, sehingga tidak ingin merasakan pengalaman menyakitkan kedua dalam hidupnya.

Sharon Osbourne (Reuters)

"Saat aku mengetahui bahwa aku memiliki gen pengidap kanker, aku berpikir: 'aku tidak menginginkan hal tersebut'," ujarnya pada Hello!, pada 2012. Kini, ia pun tetap memiliki bentuk tubuh perempuan pada umumnya dengan melakukan implan payudara.

Sharon berharap semua orang lebih waspada terhadap bahaya kanker dan dapat mengambil pelajaran dari kisah hidupnya tentang melawan penyakit mematikan tersebut.

 

6 dari 7 halaman

5. Peter Criss

5. Peter Criss

Peter Criss, pria yang kini berusia 70 tahun adalah seorang musikus rock yang terkenal sebagai "Catman" dalam groupband Kiss. Ia juga pernah berjuang melawan kanker payudara. Penyakit ini bermula saat ia menemukan benjolan pada dadanya.

Dokter yang memeriksanya menyarankan ia untuk mengunjungi rumah sakit kanker untuk wanita. Pada awalnya, Peter merasa tidak percaya dan ia mengira dokter tersebut bercanda. Namun, dokter tersebut benar-benar serius. Peter pun mengaku merasa sangat tidak nyaman dan ketakutan.

Rocker dari band KISS, Peter Chriss sempat terkena kanker payudara. (Foto: www.teamrock.com )

Peter Criss berhasil terbebas dari penyakit mematikan tersebut setelah melakukan operasi pengangkatan benjolan. "Aku sangat takut. Aku tidak dapat mempercayai. Ini adalah sebuah mimpi buruk," ujar Peter pada Rolling Stone saat menceritakan tentang pengalamannya menghadapi penyakitnya tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Melissa Etheridge

6. Melissa Etheridge

Pada 2004, peraih piala Grammy ini didiagnosis mengidap kanker stadium 2. Ia telah melakukan operasi pengangkatan benjolan dan kelenjar getah bening. Melissa pun telah melalui lima tahap kemoterapi dan radiasi. Ia mengakui bahwa masa-masa sulit dirinya tersebut mendekatkannya dengan anggota keluarganya.

 Melissa Etheridge

Perjalanan Melissa melawan sakitnya tidak berjalan mulus. Ia harus melakukan operasi pengangkatan benjolan di payudara kirinya saat ia tengah melakukan tur di musim panas. Ia pernah merasakan putus asa dengan pemeriksaan payudara yang ia lakukan. Kemunculan benjolan tersebut membuatnya terkejut.

Operasi pengangkatan tersebut dilakukan untuk menyingkirkan tumor berukuran 4 cm dan kelenjar getah bening. Beruntung, sel kanker dalam tubuh Melissa belum menyebar ke bagian tubuh yang lain, sehingga Melissa kini dapat bernafas lega. (Rin/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini