Sukses

Sinetron Haji Belajar Ngaji Tamat, Begini Akhir Ceritanya

Akhir cerita Haji Belajar Ngaji cukup memuaskan penonton.

Liputan6.com, Jakarta Haji Belajar Ngaji (HBN) baru saja tamat pada Selasa (3/5/2016). Sinetron ini berakhir di episode ke-64 semalam. Bagaimana akhir kisahnya?

Tayangan episode 64 diawali dengan acara lomba cerdas cermat yang mempertemukan wakil dari pesantren Ibadurrahman pimpinan Ustad Zul (Masaji Wijayanto) melawan Fisabilillah-nya Ammar (Hardi Fadhillah). Perlakuan berbeda diberikan pada santri dari kedua pesantren yang mengikuti lomba tersebut. Ustad Zul yang keras dalam mendidik membuat santrinya ketakutan. Sementara, Ammar hanya berpesan untuk memberi yang terbaik.

Yunita Lestari dan para pemain sinetron Haji Belajar Ngaji [foto: instagram/lee_yunita]

Hasilnya, Fisabilillah menjadi juara. Ustad Zul murka. Tiga Santri langsung ia keluarkan. Ketiga santri ini lalu meminta izin untuk masuk pesantren Ammar. Dan Ammar dengan lapang dada menerima mereka.

Usai ramainya lomba, tak banyak adegan penting di HBN. Menjelang menit akhir di mana jam sudah menunjukan pukul 01.15 WIB, diceritakan Nurma pergi bersama Ustad Zul. Ustad Zul dan Nurma menikah? Ternyata tidak. HBN lalu ditutup dengan cuilan footage adegan di episode-episode awal dengan caption khusus.

Akbar (Ramzi) ditulis kembali ke pesantren setelah lulus kuliah dan menyandang gelar dokter. Akbar dan Ammar bersatu untuk kembali memimpin pesantren. Ia juga akhirnya merestui hubungan Ammar dengan Nurma. HBN berakhir dengan credit title 'Wasallam'.

 

 

Meski akhir ceritanya terasa sedikit nanggung, munculnya footage di bagian akhir HBN cukup memberi warna pada sebuah sinetron stripping. Karena banyak sinetron yang perfomanya kurang bagus bakal dihabiskan dengan ending yang tidak jelas. Yang lain, memilih menggantung cerita untuk membuat penonton menjawab sendiri akhir cerita versi mereka.

Namun, HBN memiilih menampilkan potongan footage untuk menyelesaikan akhir cerita. Dan ini patut diacungi jempol. Ending HBN pun rasanya cukup memuaskan penonton dan juga penggemarnya, hingga tak ada pertanyaan tertinggal di benak penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.