Sukses

Tak Puas, 6 Artis Tanah Air Ini Pilih Ganti Nama

Keenam artis ini merasa bahwa namanya memang kurang cocok untuknya, sehingga mereka pun mengganti nama. Siapa sajakah mereka?

Liputan6.com, Jakarta Nama memang mengandung arti yang sangat dalam. Ada salah satu kalimat bijak yang mengatakan bahwa, "jangan sampai kau salah menamai nama anakmu, karena itu bersifat sakral." Maka nama adalah segalanya bagi setiap manusia.

Lantas, bagaimana dengan keenam artis Indonesia ini. Walaupun memiliki nama asli yang mereka bawa sejak lahir, keenam artis ini malah mengganti namanya untuk alasan-alasan tertentu.

Lantas, siapa sajakah artis yang mengganti namanya tersebut? Tim Liputan6.com telah menghimpunnya khusus untuk Anda!

 Dewi Persik sering dikomplain anak karena pulang malam

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Abimana Aryasatya

Abimana Aryasatya yang lahir pada 24 Oktober 1982 adalah anak dari Renato Rossellini dan Siti Emi. Aktor yang telah membintangi belasan film ini, sebelumnya memakai nama Robertino, di awal kariernya, 10 tahun silam.

Abimanya Aryasatya (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Nama Robertino pun langsung diubah oleh dirinya menjadi Abimana Aryasatya. Menurutnya, ia mengganti nama menjadi Abimana karena Robertino adalah nama pemberian dari sang ayah.

"Saya tak pernah bertemu dengan ayah. Dan saya tak nyaman menggunakan nama itu selama ini," ungkapnya. "Dengan mengganti nama, saya ingin menjadi orang yang baru, tanpa adanya bayang-bayang masa lalu ayah," ungkap Abimana.

3 dari 7 halaman

2. Teuku Wisnu

Belum lama ini, Teuku Wisnu memutuskan mengganti nama menjadi Teuku Al Fatih. Teuku Wisnu mengaku bahwa nama tersebut diambil dari nama akhir buah hatinya, Teuku Adam Al Fatih.

Teuku Wisnu sudah memiliki bayangan nama yang bakal dipakaikan untuk sang anak. Ia pun mempersiapkan 2 nama bagi 2 jenis kelamin (Liputan6.com/Faisal R Syam).

Nama Al Fatih sendiri, kata Teuku Wisnu, diambil dari salah satu tokoh Islam, Sultan Al Fatih. Makanya, Teuku Wisnu berharap dengan nama barunya dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang. Keputusan mengganti nama pun diambil Teuku Wisnu setelah menimbang arti nama Wisnu yang dimilikinya.

Seperti diketahui, Wisnu merupakan salah satu nama dewa dalam kepercayaan umat Hindu. Seiring dengan semangat keislamannya, aktor ini tak nyaman menyandang nama pemberian orang tuanya itu. "Orang tua saya mengerti," kata artis yang melejit lewat sinetron Cinta Fitri itu. 

4 dari 7 halaman

3. Reza Artamevia

Entah ingin suasana baru atau bagaimana, Reza Artamevia merubah namanya menjadi Reza Artamevira. Padahal, nama sebelumnya telah popular dan membuat namanya melambung hingga sekarang.

Reza Artamevia di Indonesian Greatest Hits (Foto: Faisal R Syam)

Menurut kabar, wanita kelahiran 29 Mei 1975 ini mengganti alasan karena arti nama Mevia itu berarti kesedihan, sedangkan Mevira berarti kebahagiaan.

Namun, menurut Reza, nama barunya ini hanyalah untuk nama panggungnya saja. Karena, ia masih memakai nama Reza Artamevia untuk nama aslinya. 

5 dari 7 halaman

4. Annisa Trihapsari

Annisa Trihapsari terlahir sebagai nama Annisa Tribanowati. Annisa mengganti nama belakangnya menjadi Trihapsari karena memiliki arti nama yang lebih baik dari Tribanowati.

Artis Anisa Annisa Trihapsari membawakan busana muslim rancangan Si.Se.Sa: Syar'i for Urban, Jakarta (10/2). Peragaan menampilkan 61 koleksi dalam tujuh rangkaian dengan rentang warna pastel yang lebar. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Annisa mengganti nama belakang menjadi Trihapsari karena mengandung makna bidadari. Sedangkan Tribanowati yang berarti sepi. "Niatnya baik supaya bisa menjadi bahagia,"ujar Annisa.

6 dari 7 halaman

5. Dewi Perssik

Mungkin sedikit masyarakat yang mengetahui nama asli pedangdut Dewi Perssik. Karena nama aslinya adalah Dewi Muria Agung.

Dewi Perssik (Instagram)

Entah apa yang menjadi alasan Dewi Perssik mengganti namanya tersebut, tetapi yang pasti nama Dewi Perssik ini menjadi nama bekennya kini. Catat ya, kata "Perssik" ditulis dengan dobel huruf "s". 

7 dari 7 halaman

6. Mulan Jameela

Sebelum mengganti nama menjadi Mulan Jameela, penyanyi asal Garut, Jawa Barat, ini dahulu memiliki nama panggung Mulan Kwok, ketika ia bersama dengan rekan duetnya di Duo Ratu, Maia Estianty. Sebelum Mulan Kwok, ia memiliki nama asli yaitu, Raden Terry Tantri Wulansari.

Mulan Jameela saat menjadi bintang tamu di talkshow Liputan6.com, Dear Haters, Jakarta, Kamis (7/4/2016). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Salah satu alasan Mulan Jameela mengganti nama menjadi Mulan Jameela karena artinya keindahan, dan diambil dari lagu milik Mulan Jameela yang bertajuk "Mahluk Tuhan Paling Seksi".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini