Sukses

6 Film Ini Tampilkan Fenomena Gerhana Matahari

Fenomena gerhana matahari sempat dimasukkan di beberapa film. Berikut enam di antaranya.

Liputan6.com, Los Angeles - Fenomena gerhana matahari menjadi satu momen menarik bagi sebagian orang, tapi juga pertanda tertentu untuk sebagian lainnya. Para sineas Hollywood dan dunia, secara jeli menangkap reaksi masyarakat itu dengan menuangkannya ke dalam sebuah film.

Beberapa film yang memperlihatkan terjadinya gerhana matahari, memiliki tema yang cukup bervariasi. Ada yang mengambil setting cerita di era kuno, beberapa mengaplikasikannya melalui konsep bernuansa fantasi.

 

Film animasi layar lebar juga menggunakan konsep gerhana matahari sebagai penghias di beberapa adegan penting yang ada. Meskipun begitu, mereka tak hanya memanfaatkan gerhana matahari sebagai latar cerita.

Berbagai film turut menampilkan betapa pentingnya momen gerhana matahari sebagai penambah daya pikat untuk skenario utamanya. Sehingga, para penonton tidak jenuh dengan nuansa cerita dalam filmnya.

Tiap ada momen langka, kita cenderung ingin mengabadikannya, baik dalam foto maupun video.

Setidaknya, ada enam buah film berisi adegan gerhana matahari yang rasanya cukup menarik untuk dibahas. Beberapa film yang ada tersebut, berasal dari franchise yang cukup dikenal, dan beberapa diisi oleh aktor dan aktris beken.

Lalu, apa saja enam buah film yang memperlihatkan fenomena gerhana matahari di dalamnya? Simak daftar selengkapnya di halaman berikut ini.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apocalypto

Apocalypto

Film arahan sutradara Mel Gibson ini, mengambil konsep peradaban primitif suku Maya di tahun 1511. Berbagai unsur kekerasan nan sadis menyertai setiap adegan penting di dalam Apocalypto.

Apocalypto memperlihatkan fenomena gerhana matahari ketika nyawa karakter utamanya, Jaguar Paw, berada di ujung tanduk saat ia berada di atas altar pengorbanan. Hidup Paw terselamatkan karena sang pendeta menafsirkan gerhana sebagai tanda bahwa rasa haus darah para dewa telah terpuaskan. Gerhana dalam film ini diikuti oleh malam bulan purnama.

3 dari 7 halaman

Ladyhawke

Ladyhawke

Film bertema fantasi petualangan Ladyhawke yang rilis 1985, memiliki momen gerhana matahari yang cukup unik. Digambarkan bahwa gerhana tersebut mengiringi momen ketika Ladyhawke dan kekasihnya bisa hidup untuk selamanya.

Lucunya, "gerhana" terjadi sehari setelah bulan purnama. Aslinya hal tersebut tidak mungkin karena gerhana matahari hanya bisa berlangsung di masa Bulan Baru. Penulis sempat dicap gagal paham astronomi untuk selamanya. Namun ada yang menganggap alur tersebut sebagai sebuah keajaiban.

Meskipun begitu, cerita novel yang diadaptasi oleh penulis Joan Vinge, memperbaiki adegan mustahil tersebut.

4 dari 7 halaman

Lara Croft: Tomb Raider

Lara Croft: Tomb Raider

Angelina Jolie menjadi bintang utama film adaptasi game populer di Playstation ini. Fenomena gerhana matahari datang dari rencana organisasi The Big Bad.

Mereka ingin menyatukan segala macam fenomena astronomi dari setiap planet di tata surya, termasuk salah satunya adalah gerhana matahari.

5 dari 7 halaman

Fantasia

Fantasia

Salah satu film animasi klasik yang dirilis tahun 1940 ini, menggabungkan seni teater dengan unsur klasikal dan semi-dokumenter. Terdapat berbagai macam segmen dalam film ini.

Segmen bertema "Rite of Spring" dalam Fantasia, diakhiri dengan bencana gempa bumi yang disertai dengan pembentukan satu pegunungan baru. Fenomena tersebut terjadi selama gerhana matahari.

6 dari 7 halaman

Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire

Naruto Shippuden the Movie: The Will of Fire

Versi layar lebar anime Naruto Shippuden yang rilis pada 2009 ini, memiliki satu momen krusial saat gerhana matahari muncul. Meskipun begitu, unsur fantasi sangat kental di fenomena tersebut.

Salah satu karakter bernama Hiruko berniat untuk menggunakan kekuatan gerhana matahari demi bisa melaksanakan rencananya. Akhirnya, para ninja berlomba untuk mengalahkannya saat momen gerhana semakin dekat.

7 dari 7 halaman

The Day The Earth Caught Fire

The Day The Earth Caught Fire

Tema bencana alam di film The Day The Earth Caught Fire, melibatkan fenomena gerhana matahari. Buah karya sineas Inggris berjenis fiksi ilmiah itu, menampilkan fenomenanya secara implisit.

Gerhana matahari total terjadi di atas kota London. Di dalam film ini, fenomena tersebut merupakan salah satu indikasi pertama bahwa Bumi telah bergerak tak teratur akibat uji coba nuklir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini