Sukses

Ashanty yang Selamat dari Ancaman Penyakit Meningitis

Ashanty terkena virus meningitis usai menjalani ibadah umrah dengan Anang Hermansyah pada Mei 2012 lalu.

Liputan6.com, Jakarta Pada Februari 2013, dunia showbiz di Tanah Air dikejutkan dengan kabar Ashanty yang terserang penyakit meningitis. Kabar tersebut cukup menyita perhatian, lantaran meningitis merupakan penyakit berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Padahal, saat itu Ashanty juga boleh dibilang masih pengantin baru dari pernikahannya dengan Anang Hermansyah. Pernikahan Ashanty dengan Anang berlangsung pada 12 Mei 2012 dan menjadikan Ashanty sebagai idola baru.

Namun kabar penyakit meningitis yang menyerang Ashanty menarik perhatian banyak orang. Banyak orang yang bersimpati dan mendoakan Ashanty agar cepat sembuh dari penyakitnya.

Mengalami sakit kepala yang hebat, Ashanty kemudian dilarikan ke Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta, pada 18 Februari 2013. Saat ditemui di rumah sakit, Anang mengakui bahwa istrinya terserang penyakit meningitis.

"Ada virus yang sampai ke otak. Makanya kena radang selaput otak," kata Anang Hermansyah. Ini adalah kisah sedih yang dialami Ashanty yang menjadi artikel terakhir di tulisan tematik kanal Showbiz Liputan6.com, akhir pekan ini. 

Tapi, Ashanty berhasil berjuang melawan sakit parah. Dan, kini menikmati kebahagiaan dengan kelahiran anak kedua. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ashanty kesakitan saat menjalani syuting

Menurut Anang, sebelum dilarikan ke rumah sakit, Ashanty tengah menjalani sebuah syuting. Namun karena tak tahan dengan sakit di kepalanya, wanita yang baru saja dikaruniai anak kedua itu meminta dibawa ke rumah sakit.

"Iya, dia mengeluh sakit. Aku tahu istriku banget, dia bilang aku pusing nih, biasanya dia bisa lawan. Syuting masih bisa dijalani sampai jam 12. Terus dia bilang enggak sanggup. Sudah enggak tahan sama sakitnya dan panas dinginnya," ungkap Anang Hermansyah.

Beruntung, sakit meningitis yang diderita Ashanty masih tergolong tahap awal, sehingga lebih mudah untuk disembuhkan. Ashanty juga merasa beruntung karena dirinya termasuk orang yang sangat khawatir dengan penyakit yang menyerang di bagian kepala.

"Aku itu kalau sakit kepala dikit saja langsung ke dokter. Dan alhamdulillah karena aku juga lebay, pas sakit itu cepat terdeteksi. Kalau aku biarin, enggak tahu," kata Ashanty.

Pada 28 Februari 2013, atau setelah 10 hari dirawat di rumah sakit, kondisi Ashanty berangsur membaik. Pelantun Jodohku itu pun diizinkan tim dokter untuk meninggalkan rumah sakit.

3 dari 3 halaman

Terserang meningitis karena teledor

Namun dari pengakuannya, rupanya Ashanty terserang meningitis karena keteledorannya sendiri. Saat bulan madu dan melakukan ibadah umrah pada Mei 2012, Anang dan Ashanty rupanya tidak melakukan suntik meningitis. Padahal, suntik vaksin meningitis merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi.

"Jujur, waktu umrah sama Mas Anang, aku enggak suntik meningitis," kata Ashanty, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, 2013 lalu. "Ashanty ikut saya. Jadi, saya yang salah, jangan diikuti," timpal Anang pada kesempatan yang sama.

Penyakit meningitis yang dialami Ashanty menjadi pelajaran penting bagi pelantun Kesakitanku ini. Ashanty menyadari begitu pentingnya suntik vaksin meningitis bagi siapa pun yang berpergian ke luar negeri.

"Aku yang sudah merasakan sendiri. Buat teman-teman yang mau ke luar negeri, pokoknya harus suntik," kata Ashanty.

Ashanty juga sangat bersyukur karena masih diberi kesembuhan. Ia juga tak lagi menganggap remeh penyakit meningitis. "Aku merasa diberkahi Tuhan untuk hidup lebih lama. Padahal dulu, akunya cuek gitu," kata Ashanty.

Tak ingin penyakit yang lebih berbahaya menimpanya, Ashanti pun rutin jalani pola hidup yang sehat. "Aku tidak merokok, olahraga rutin, dan menjauhi makanan tinggi kolesterol," kata Ashanty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.