Sukses

Fenomena Gerhana Matahari dari Sudut Pandang Paranormal

Menurut Mbah Mijan, wilayah yang akan dilewati gerhana matahari biasanya akan kedatangan bencana.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tengah gembira menyambut datangnya fenomena gerhana matahari total (GMT) yang akan terjadi, Rabu (9/3/2016) pagi. Namun di balik itu, gerhana matahari punya makna tersendiri bagi dunia supranatural.

Menurut paranormal Mbah Mijan, fenomena gerhana matahari memiliki dua makna jika dilihat dari Primbon Jawa.

Mbah Mijan dalam salah satu adegan film Tol Cipali.

"Jika ada orang melihat gerhana matahari lewat mimpi, itu pertanda buruk. Dia akan mengalami kegelapan, baik dalam hal rezeki. Akan ada bencana besar dalam keluarga, bisa jadi ada keluarganya yang akan meninggal," kata Mbah Mijan saat dihubungi, Selasa (8/3/2016).

Sedangkan makna yang kedua adalah ketika gerhana matahari dilihat secara langsung. Menurut paranormal yang sempat membintangi sinetron Super Dede ini, gerhana matahari bisa berdampak buruk bagi wilayah yang dilewati.

"Yang harus diwaspadai, daerah yang akan dilewati gerhana biasanya akan dilanda musibah, misalnya bencana alam," lanjutnya.

Ilustrasi Gerhana Matahari Total (iStockphoto)

Meski begitu, Mbah Mijan mengimbau masyarakat agar tak lupa beribadah saat gerhana matahari. Dengan begitu, menurut Mbah Mijan, musibah yang mungkin terjadi akan terhindarkan.

"Umat Islam diajarkan salat gerhana setiap ada fenomena gerhana matahari atau bulan tentu ada maksudnya. Sebaiknya, selain menyaksikan gerhana matahari, diikuti juga dengan kegiatan ibadah. Bagi umat muslim salat gerhana misalnya," kata Mbah Mijan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini