Sukses

Cita Citata Ikhlas Tinggalkan Kantong Plastik

Cita Citata paham, sebagian besar sampah yang berasal dari kantong plastik baru bisa terurai dalam 500-1000 tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 21 Februari 2016 kemarin, pemerintah resmi memberlakukan kantong plastik berbayar di 22 kota. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang selama ini dianggap cukup mengkhawatirkan.

Yang perlu diketahui, sebagian besar sampah yang berasal dari kantong plastik baru bisa terurai dalam 500-1000 tahun ke depan.

Penyanyi Dangdut, Cita Citata saat pemotretan di Jakarta, Jumat (06/11/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Karena itu, meski sedikit menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat, sejumlah publik figur ramai-ramai menyatakan dukungannya terhadap program ini. Seperti yang diungkapkan Cita Citata dan Michelle Joan belum lama ini.

"Yuk support mulai dari diri kita sendiri demi Jakarta bebas sampah plastik!" ungkap Cita Citata lewat akun Mig.me pribadinya.

Michelle Joan [Foto:Panji Diksana/Liputan6.com]

"Aku sih mendukung banget... Jadi jumlah sampah plastik bisa di-reduce. Dengan membayar pastinya masyarakat akan lebih menghargai penggunaan kantong plastik dan gak menggunakan sembarangan dan secara berlebihan. Lebih bagus lagi kalau yang dijual itu bukan kantong plastik, tapi canvas bag yang bisa digunakan berulang. Jadi jumlah sampah plastik bisa berkurang jauh dan juga penggunaannya bisa berulang dan lebih hemat," ujar Michelle Joan di akun Mig.me-nya.

Sesuai dengan keputusan pemerintah, harga kantong plastik dimulai dari harga Rp 200 hingga Rp 5000. Bagi yang ingin diet plastik, bisa membawa kantung sendiri dari rumah saat berbelanja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini