Sukses

Peggy Melati Sukma Akui PT. SSI Batal Berangkatkan Jamaah Umrah

Peggy Melati Sukma memang diminta PT.SSI untuk mendampingi para jemaah umrah ke Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - PT. Sahabat Sukses Indonesia (SSI) dilaporkan sejumlah orang atas dugaan kasus penipuan. PT. SSI selaku penyelenggara jasa pemberangkatan umrah dituding melakukan penggelapan uang jamaah umrah senilai ratusan juta rupiah, dengan iming-iming berangkat ke Tanah Suci bersama Peggy Melati Sukma.

Hal itu berdasarkan pengakuan korban yang tak jadi diberangkatkan umrah PT. SSI. Padahal para korban mengaku sudah melunasi pembayaran keberangkatan umrah.

Menanggapi kasus tersebut, Peggy Melati Sukma akhirnya angkat bicara, membantah keterlibatan langsung.

Tak hanya itu, nama artis Peggy Melati Sukma dan Vicky Irama pun ikut terseret. Pasalnya, wajah keduanya dijadikan endorser iklan travel tersebut. Melalui pesan singkat, Peggy pun menjelaskan keterkaitannya dengan PT. SSI.

"Khusus kasus dengan PT.SSI, yang bermasalah adalah travel-nya dengan jamaah. Saya ikut dilaporkan ke polisi, mungkin karena jamaah mengira saya bagian dari perusahaan travel itu, padahal tidak," kata Peggy Melati Sukma kepada Liputan6.com, Senin (21/3/2016).

Diakui Peggy Melati Sukma, dirinya hanya diminta PT. SSI untuk mendampingi para jamaah umrah yang akan berangkat ke Tanah Suci. Namun, pada Mei 2015 PT. SSI mengabarkan pembatalan keberangkatan ibadah haji kecil tersebut.

"Sebagai info, sewaktu travel tersebut (PT. SSI) pada Mei 2015 tak jadi berangkatkan jamaah. Saya sekadar menerima kabar itu, tanpa tahu masalahnya," ujar pesinetron Gerhana itu.

Korban penipuan menunjukan selebaran brosur program umroh PT SSI yang menampilakan wajah artis Peggy Melati Sukma, Jakarta, Minggu (20/3/2016). Peggy Melati akan dijadikan sebagai saksi kasus penipuan jamah Umroh. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

"Waktu travel menyampaikan akan diundur berangkat ke Desember 2015, saya mengiyakan saja. Niatnya berpikiran positif," sambungnya.

Sejak pengunduran itu, Peggy mengatakan bahwa dirinya tak pernah lagi berurusan dengan pihak PT. SSI. Penulis buku `Kujemput Engkau di Sepertiga Malam` ini justru lebih sering mendampingi jamaah umrah bersama biro travel lainnya.

"Memang sejak Juni 2015 sampai sekarang travel tidak pernah menghubungi saya lagi. Sehingga saya tidak tahu kabarnya. Saya justru sudah beberapa kali berangkat ke Tanah Suci mendampingi jamaah lain dengan travel berbeda-beda," ucap Peggy Melati Sukma.

Di Palestina, wanita penggagas organisasi kemanusian yang diberi nama Akhwat Bergerak ini berencana membantu persalinan 1000 para ibu di Gaza. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Sedikitnya empat korban melaporkan travel umrah PT. SSI atas dugaan penipuan. Mereka mengaku tak diberangkatkan umrah setelah membayar sejumlah uang. Dalam promosi iklannya, PT. SSI menarik perhatian peserta dengan gambar wajah artis Peggy Melati Sukma dan Vicky Rhoma Irama.

Jumlah korban penipuan ini diprediksi sekitar 500 orang dan tersebar di seluruh Indonesia. PT. SSI diduga melanggar pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini